RSS

10 Kecelakaan Pesawat Paling Buruk Sepanjang Masa (2)

Sumber : www.i.inilah.com


6. Pesawat militer Ilyushin Il-76MD, 2003

Lokasi: Kerman, Iran
Meninggal: 302 orang
Selamat: tidak ada


Pesawat naas ini adalah pesawat angkut militer jenis Ilyushin Il-76MD milik Garda Revolusi Iran. Kecelakaan yang terjadi pada 19 Februari 2003 ini, menewaskan 302 orang, kebanyakan dari mereka anggota Garda Revolusi Iran.
Tak banyak informasi dari kecelakaan pesawat terbesar di Iran ini, namun laporan resmi mengatakan penyebab kecelakaan adalah akibat cuaca buruk, yaitu angin kencang dan kabut tebal.

Beberapa sumber berspekulasi bahwa kecelakaan itu mungkin akibat tabrakan di udara, atau adanya masalah mekanis pada mesin.

7. Turkish Airlines, Penerbangan 981, 1974

Lokasi: Hutan Ermenonville, dekat Paris, Prancis
Meninggal: 346 orang
Selamat: tidak ada


Insiden ini adalah kecelakaan pesawat dengan angka kematian tertinggi di Prancis dan dari semua kecelakaan pesawat DC-10 di dunia.
Pesawat McDonnell Douglas DC-10 milik Turki ini terbang dari Paris, Prancis, menuju London, Inggris pada 3 Maret 1974. Ketika terbang di atas kota Meaux, Prancis, terdengar suara ledakan dari pintu kargo belakang. Kemudian lantai kabin diatas kargo runtuh, menghancurkan kendali pesawat.
Bagian belakang pesawat yang hancur yang mengakibatkan pesawat jatuh di hutan
Pilot dan co-pilot berjuang untuk mengendalikan pesawat selama 72 detik sebelum akhirnya jatuh di hutan Ermenonville. Pesawat pun hancur dan menewaskan seluruh penumpang serta awaknya.
Menurut laporan resmi, penyebab dari kecelakaan ini adalah akibat kerusakan pintu kargo belakang.

8. Tabrakan udara di Charkhi Dadri, 1996

Lokasi: Charkhi Dadri, India
Meninggal: 349 orang
Selamat: tidak ada
Tabrakan pesawat di udara yang terjadi pada 12 November 1996 ini melibatkan Boeing 747-168B milik Saudi Arabian Airlines yang membawa 312 penumpang dengan pesawat Ilyushin Il-76TD milik Kazakhstan Airlines yang mengangkut 37 penumpang.
Insiden tabrakan udara maut ini akibat keterbatasan pilot Kazakhstan Airlines dalam berbahasa Inggris saat hendak mendarat di , India. Saat itu, pesawat aman untuk turun hingga ketinggian 4.600 kaki, tetapi operator radio gagal menginformasikan kepada kru pesawat untuk tetap pada ketinggiannya. Akibatnya pesawat pun terus mengurangi ketinggiannya. 
Ilustrasi keadaan sebelum tabrakan oleh National Geographic
Di saat bersamaan, pesawat Saudi Arabian Airlines baru saja lepas landas, dan pada ketinggian 4.300 kaki tabrakan pun tak terhindarkan. Kedua pesawat langsung meledak di udara meninggalkan ribuan kepingan yang jatuh ke daratan.

9. Japan Airlines, Penerbangan 123, 1985

Lokasi: Ueno, Jepang
Meninggal: 520 orang
Selamat: 4 orang
Pesawat Boeing 747SR milik Japan Airlines (JAL) ini jatuh di Gunung Takamagahara, sekitar 100 km dari Tokyo, pada 12 Agustus 1985. Sebanyak 15 awak pesawat dan 505 penumpang tewas. Dan ajaibnya ada empat penumpang yang dinyatakan selamat dalam kecelakaan tersebut.
Kecelakaan disebabkan oleh bagian ekor pesawat yang lepas sekitar 12 menit setelah lepas landas, akibatnya dinding penyekat bagian buritan pecah. Terlepasnya bagian ekor ini merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan, mengakibatkan pesawat hanya melayang-layang tak terkontrol selama sekitar 30 menit sebelum akhirnya jatuh.
Rekonstruksi virtual keadaan Japan Airlines sesaat sebelum jatuh. Bagian ekor dan hidrolik belakang pesawat telah hancur.


Sebenarnya, pilot mencoba mencari tempat untuk melakukan pendaratan darurat. Awalnya pilot ingin kembali ke Bandara Haneda di Tokyo, tempat pesawat ini lepas landas. Namun, ketika pesawat semakin tidak terkendali, pilot mencoba terbang menuju pangkalan militer Amerika Serikat di Yokota.

Namun semua usaha tersebut sia-sia dan akhirnya pesawat jatuh di Gunung Takamagahara.

10. Musibah Tenerife, 1977

Lokasi: Bandara di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol
Meninggal: 583 orang
Selamat: 61 orang
Musibah Tenerife yang menewaskan 583 orang ini terjadi pada 27 Maret 1977 pukul 17:06 waktu setempat, ketika dua Boeing 747 bertabrakan di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Hingga kini kecelakaan tersebut masih merupakan peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan.
Kecelakaan di Landasan Pacu Tenerife, 1977
Pesawat yang terlibat yaitu Pan Am, Penerbangan 1736, di bawah kendali Kapten Victor Grubbs, dan KLM, Penerbangan 4805, di bawah kendali Kapten Jacob Veldhuyzen van Zanten.
Pesawat KLM melakukan lepas landas di satu-satunya landasan pacu di bandara tersebut, menabrak pesawat Pan Am yang sedang berjalan menuju landasan yang sama.
Sebelumnya, kedua pesawat tersebut memang dialihkan menuju Bandara Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol menyusul terjadinya ledakan bom di sebuah toko bunga di bandara tujuan semula di Las Palmas, yang disusul dengan ancaman bom kedua.
Kedua pesawat bertabrakan ketika akan meninggalkan Tenerife kembali ke Las Palmas. Pesawat KLM melakukan take off tanpa izin dari Air Traffic Controller (ATC) bersamaan di saat pesawat Pan Am sedang menyeberangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat.
Ilustrasi keadaan landas pacu sebelum tabrakan
Pilot Pan Am yang melihat kedatangan pesawat KLM, mencoba membelokkan pesawatnya keluar dari landas pacu dan menghindari tabrakan, tetapi sia-sia. Pilot KLM sempat mencoba memaksa pesawatnya untuk lepas landas, namun baru mencapai 100 kaki sudah menabrak pesawat Pan Am.
Ilustrasi percobaan pesawat menghindari tabrakan

Jumlah korban tewas dari pesawat KLM adalah semua 234 penumpang dan 14 awaknya, sedangkan dari pesawat PanAm 9 dari 16 awak tewas dan 265 dari 317 penumpang tewas.
Investigasi menunjukkan bahwa selain usaha lepas landas KLM tanpa izin ATC, kecelakaan ini disebabkan juga oleh kebingungan pilot kedua pesawat oleh intruksi ATC yang berlogat Spanyol, serta pilot KLM tidak menggunakan bahasa standar penerbangan sehingga membingunkan petugas ATC.
Selain itu, peralatan komunikasi dan lainnya juga tidak memadai untuk mengawasi pergerakan pesawat. Kondisi ini diperparah oleh kabut tebal yang melanda daerah itu di saat kecelakaan terjadi. [mor]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar