RSS

10 Gunung Tertinggi di dunia


Gunung Annapurna
10. Gunung Annapurna ( Himalaya, Nepal )
      Tinggi : 8.091 mdpl ( 26.545 kaki )
Gunung Annapurna adalah gunung yang terletak di Pegunungan Himalaya, di wilayah Negara Nepal. Gunung ini memiliki beberapa puncak, dengan yang tertinggi dan utama adalah 8.091 meter. Gunung ini memiliki beberapa nama lain, seperti Annaporna.


9. Gunung Nanga Parbat ( Himalaya, Pakistan )

Gunung Nanga Parbat
    Tinggi  : 8.126 mdpl ( 26.660 kaki ) 
     
Gunung Nanga Parbat, Pakistan, merupakan salah satu dari delapan thousanders, dijuluki sebagai gunung "Killer Mountain" karena tingkat kesulitan mendaki-nya yang cukup tinggi. 


8. Gunung Manaslu ( Himalaya, Nepal ) 
Gunung Manaslu
    Tinggi : 8.163 mdpl ( 26.690 kaki )


Manaslu merupakan gunung tertinggi ke - 8 di dunia, Terletak di Mansiri Himal, bagian dari Pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta, Manasa dan diterjemahkan sebagai "Gunung Jiwa". Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10. Gunung ini pertama kali didaki oleh 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang.


7. Gunung Dhaulagiri ( Himalaya, Nepal )
    Tinggi : 8.167 mdpl ( 26,795 kaki )
     
Dhaulagiri merupakan gunung tertinggi ke-7 di dunia, terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata. Pertama kali ditaklukan oleh sebuah ekspedisi Swiss/Austria tanggal 13 Mei 1960.


6. Gunung Cho Oyu ( Himalaya, Nepal - Cina )
    Tinggi : 8.201 mdpl ( 26.906 kaki )


Cho Oyu, gunung tertinggi keenam di dunia terletak di perbatasan Nepal - Cina ( Tibet ). Terletak di 20 km barat Gunung Everest. Arti dari Cho Oyu dalam bahasa Tibet adalah " Dewi Turqouise ". Disebelah barat dari Cho Oyu, terdapat Nangpa La, gletser dengan ketinggian 19.000 kaki, yang merupakan rute perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet. Gunung ini menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki yang yang mendaki Everest dari sebelah dinding utara. Gunung ini dikenal sebagai gunung yang mudah didaki, meskipun ketinggiannya mencapai 8.201 meter.
5. Gunung Makalu ( Himalaya, Nepal - Cina )
    Tinggi : 8.463 mdpl ( 27.825 kaki ) 


Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung terisolasi ini memiliki bentuk yang unik, yaitu limas segiempat. Makalu berjarak 19 km tenggara Everest.




4. Gunung Lhotse ( Himalaya, Nepal - Cina )
    Tinggi : 8.516 mdpl ( 27.940 kaki )


Merupakan gunung tertinggi keempat di dunia, Lhotse merupakan salah satu puncak yang membentuk dari Gunung Everest. Lhotse terhubung ke Everest melalui puncak Lhotse Selatan. Selain puncak utama ( 8.516 mdpl ), Lhotse memiliki puncak lain, seperti Lhotse Tengah ( Timur ) setinggi 8.414 mdpl, dan Lhotse Shar setinggi 8.383 mdpl.


 3. Gunung Kangchenjunga ( Himalaya, Nepal - India )
     Tinggi : 8.586 mdpl ( 28.169 kaki )


Menyandang predikat gunung tertinggi ketiga di   dunia, Kangchenjunga memiliki empat puncak lainnya, selain puncak utama ( 8.586 mdpl ), empat puncak lainnya memiliki ketinggian lebih dari 8.450 mdpl. Kata Kangchenjunga mengandung arti "lima harta karun salju", karena terdiri dari 5 puncak. Kangchenjunga juga dijadikan sebagai Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah , burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga. 

2. Gunung Karakoram/ K2 / Godwin Austen ( Karakoram, Pakistan - Cina )
    Tinggi : 8.611 mdpl ( 28.251 kaki )

K2 adalah gunung tertinggi kedua di Bumi, setelah Gunung Everest. Dengan ketinggian puncak 8.611 m (28.251 kaki), K2 adalah bagian dari Rentang Karakoram, dan terletak di perbatasan antara Pakistan dan Cina. K2 dikenal sebagai Savage Mountain karena kesulitan pendakian dan yang kedua tertinggi tingkat kematian di antara "delapan thousanders", bahkan lebih sulit dibandingkan Everest. Setidaknya 46 orang telah meninggal ketika mencoba mendaki gunung ini.
K2 Mountain

1. Gunung Everest ( Himalaya, Cina - Nepal ) 
    Tinggi : 8.850 mdpl ( 29.030 kaki ) 

Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal - Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS).Gunung Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut. Gunung ini terletak di Mahalangur di Himalaya. Banyak pendaki yang meninggal ketika mencoba mendaki gunung ini, terutama di "death zone", dimana kandungan oksigen disana sangat tipis.

Mount Everest
  






































  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar